INOVASI Si LAKU O2T (SISTEM LAYANAN ADMINDUK KOLAKA UTARA OFFLINE, ONLINE DAN TERINTEGRASI).

INOVASI Si LAKU O2T (SISTEM LAYANAN ADMINDUK KOLAKA UTARA OFFLINE, ONLINE DAN TERINTEGRASI).

INOVASI Si LAKU O2T (SISTEM LAYANAN ADMINDUK KOLAKA UTARA OFFLINE, ONLINE DAN TERINTEGRASI).

* Berjalan dengan pengembangan

* Pelayanan Publik yang inklusif dan berkeadilan

* Drs. Buhari, M.M.

* SDG’s – Kesetaraan Gender

* Penghargaan – Top 45/2022

Implementasi Si LAKU O2T memberikan layanan yang ramah, mudah, cepat, gratis dan bebas pungli Betapa tidak, mengurus Adminduk cukup dari rumah atau paling jauh ke kantor desa, tidak perlu jauh ke Dinas Dukcapil. Hal ini terdeskripsi dalam implementasi sub inovasi Si LAKU O2T yaitu layanan offline di buka setiap hari; layanan online; layanan terintegrasi; layanan jebol ke (desa, sekolah dan rumah penduduk rentan); layanan kurir; dan layanan cetak dokumen Adminduk di kantor desa.DampakSi LAKU O2T berdampak pada peningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pengguna layanan. Terlihat dari nilai IKM 90,235 (Sangat Baik); nilai IPP 3,93 (Baik); monitoring melalui medsos, tidak ditemukan lagi keluhan, bahkan sebaliknya, banyak pujian yang disampaikan. Disamping itu, kinerja layanan juga sangat meningkat (melampaui target nasional). Di mana sebelum ada inovasi ini, tidak ada yang mencapai target nasional. Data tahun 2021 perekaman KTP EL 94,95 % (mendekati target nasional 98 %, KIA 39,40 % (melampaui target nasional 30 %), dan Akta Kelahiran 99,11 % (melampaui target nasional 95 %). Dampak lainnya adalah pemberdayaan pelaku ekonomi lokal (kurir)Kesesuaian kategoriSi LAKU O2T menjadikan akses pelayanan Adminduk lebih mudah, tidak mengeluarkan biaya dan menjangkau seluruh kalangan melalui layanan kurir, jebol ke desa, sekolah, rumah penduduk rentan (Lansia, Sakit Keras, Disabilitas, OdGJ).

Sumber : https://jippnas.menpan.go.id/inovasi/772